12 November 2008

10 Keuntungan Menjadi Penulis Ebook

1. Bisa dilakukan oleh siapa saja

Menjadi penulis ebook sama sekali tidak membutuhkan kualifikasi apapun. Sarjana, lulusan SMA, pensiunan, murid sekolah, pegawai, guru, manager, semuanya bisa menjadi penulis ebook. Sebagian penulis ebook terkenal adalah orang biasa-biasa saja. Contoh, Yanik Silver, Dan Lok, Habibie Afsyah, dll.

2. Hanya bersumber ide dan gratis
Suatu tulisan berasal dari sebuah ide. Kadang-kadang ide ini sangat sederhana namun aplikatif, misalnya ebook tentang memanfaatkan ruang kosong di rumah atau ebook mengenai mempercantik penampilan kerja.


3. Tidak perlu ahli dalam menulis
Beberapa orang dengan tujuan tertentu, menyewa seorang ghostwriter (penulis bayangan). Contoh, tokoh politik atau pesohor (selebritis) yang ingin membuat biografi, namun karena keterbatasan kemampuan dalam hal menulis, maka mereka bekerjasama dengan seorang penulis bayangan. Contoh, Richard Branson.

4. Bahkan tidak perlu ahli dalam bidang yang kita tulis
Banyak pebisnis online memanfaatkan keahlian orang lain lalu menjualnya dalam bentuk ebook. Contoh, Andrew dan Daryl Grant yang menjual informasi tentang kanker kulit.


5. Modal nyaris tidak ada
Modalnya cuma mikir doang. Kalaupun toh harus keluar uang, minimal ongkos pakai komputer dan internet.


6. Tidak membutuhkan tempat
Anda tidak membutuhkan tempat tertentu untuk berprofesi sebagai penulis ebook. Ini bukan pekerjaan konvensional. Kabar baiknya, anda bisa melakukannya dimana saja. Tempat tidur, kamar mandi, taman, semuanya oke.

7. Sangat mudah dibuat
Ebook benar-benar mudah dibuat. Bahkan anda bisa menyadap informasi orang lain dan menjadikannya ebook dalam waktu kurang dari 7 hari.


8. Harganya jualnya bisa sangat mahal
Dan Kennedy dan Jay Abraham dikenal sebagai penulis ebook dengan reputasi sangat mahal. Harga sebuah karyanya bisa mencapai jutaan rupiah, dan tetap laku.


9. Tidak ada biaya kirim
Oleh karena ebook berwujud file, jadi anda bisa mengirimkan atau menguploadnya dengan mudah dan instan. Tentu saja (relatif) gratis.

10. Pemasarannya mudah
Pemasaran di dunia online bukanlah hal yang penuh misteri. Dalam tulisan-tulisan selanjutnya kita akan mempelajari semua trik-trik marketing yang dirancang untuk memudahkan anda dalam menjual ebook.


Arifin Novariadi

08129232061 (SMS Only)
Email: anovariadi@gmail.com

Tidak ada komentar: