15 November 2008

Cara Mengatasi Hambatan Mental dalam Menulis

1. Langsung menuliskan ide-ide yang muncul di atas selembar kertas
Proses ini membutuhkan kecepatan tinggi agar ide-ide tidak segera menguap dari pikiran. Tentu saja, anda harus selalu berdekatan dengan berbagai media perekam, seperti kertas, buku, tape recoder atau bahkan MP4.

2. Rekreasi
Mengalihkan perhatian otak adalah salah satu cara untuk memunculkan kembali ide yang sempat terbenam. Cara lainnya yang bisa anda gunakan adalah menonton TV atau sekadar berjalan-jalan di mall.

3. Istirahat
Mungkin anda terlalu tegang atau buru-buru, sehingga ide yang sudah siap muncul menjadi macet. Solusinya, anda bisa saja pergi tidur atau cukup berelaksasi saja. Setelah pikiran menjadi plong, maka pikiran anda siap untuk mengalir.

4. Survey
Anda perlu membaca beberapa tulisan, buku, artikel, ebook, atau postingan untuk menginspirasi gagasan yang sudah anda miliki. Misalkan anda ingin menulis tentang kerajinan perak, mungkin anda bisa pergi ke perpustakaan untuk mencari informasi atau sekadar browsing saja di internet.

5. Penulis Ebook Terkenal adalah Orang Biasa.
Yanik Silver memulai bisnis internet dari rumah susun 1 kamar dan hanya memiliki beberapa ratus dollar saja. Joe Vitale pernah bangkrut sebelum menjadi Pakar Ebook Copywriting. Beberapa tahun lalu Jeff Paul adalah gelandangan dan memiliki hutang $100,000 hanya dari kartu kredit saja.

Mungkin anda punya riwayat yang sama atau malah lebih baik, jadi tunggu apa lagi? Wujudkan impian menjadi orang sukses dalam bisnis ebook sekarang juga.

Arifin Novariadi

08129232061 (SMS Only)
Email: anovariadi@gmail.com

Tidak ada komentar: